Kamis, 03 Juni 2010

pemanfaatan barang bekas

PemanfaatanBarang Bekas
Dalam Pembelajaran Matematika


Pemanfaatan Barang Bekas Dalam Dimensi Ruang ( Tabung/ Silinder)

Defenisi Tabung/ silinder :
Bangun ruang yang dibatasi oleh bidang alas dan bidang atas, yang masing- masing berbentuk lingkaran, dengan jari- jari yang sama dan oleh sebuah bidang lengkung. Bidang lengkung ini diperoleh dari persegi panjang , dengan panjang sama dengan keliling lingkaran alas atau lingkaran atas dan lebarnya sama denagn tinggi tabung itu. Tabung adalah prisma tegak yang bidang alasnya berbentuk lingkaran.

Barang bekas berbentuk tabung yang dapat digunakan, seperti :

- Kaleng Sarden
- Kaleng Susu
- Kaleng Roti


Aplikasi Kaleng Bekas :
1. Dengan Memanfaatkan kaleng bekas sebagai model atau media pembelajaran dalam bangun ruang yaitu tabung, siswa dapat melihat langsung bangun ruang tabung itu secara nyata.
2. Dengan membuka kaleng maka siswa dapat melihat bagaimana bentuk jaring- jaring tabung.
3. Siswa dapat mengaplikasikan langsung ilmu yang didapat.

Rumus Tabung :
Jika sebuah tabung memiliki jari jari ( r ) dan tinggi ( t ) maka :
Luas ( L ) permukaan tabung tertutup
= Luas selimut tabung + ( 2 x Luas lingkaran )
= ( 2∏rt + 2∏r2 )

Volume Tabung :
= ( luas alas ) x ( tinggi )
= (∏r2t) satuan volume

permainan matematika

BAB II
PEMBAHASAN
PUZZLE STATSTIKA
A.Pengenalan Statistika
Statitika adalah sebuah cabang dari matematika terapan yang mempelajari mengumpulkan dan menyusun data,mengolah dan menganalisis data serta menyajikan data dalam bentuk kurva dan diagram.
B.Tujuan Permainan Puzzle Matematika
• Agar siswa dapat mengaplikasikan dalam ilmu statistika.
• Agar siswa termotivasi untuk belajar matematika.
• Agar pelajaran matematika tidak membosankan.
• Untuk meningkatkan kreativitas siswa.
C.Peraturan Permainan
• Soal terdapat pada papan puzzle.
• Jawaban terdapat pada potongan puzzle.
• Cocokkan soal dan jawaban.
• Setelah soal dan jawaban cocok terpasang,maka akan terbentuk beberapa bangun ruang.


D.Gambar Puzzle